Minggu, 15 April 2012

Sosok Pemimpin Ideal


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Sedangkan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mau melakukan pap yang diinginkan pihak lainnya.Dalam suatu organisasi pengaruh pemimpin sangat besar dalam kepemimpinannya di organisasi.
Jiwa kepemimpinan yang ideal adalah dengan menerapkan tipe kepemimpinan yang situasional yang artinya seorang pemimpin bisa kondisional dalam memimpin dalam artian ketika dalam organisasi dibutuhkan demokrasi maka pemimpin bersifat demokratis tetapi apabila ada suatu fase ketika demokratis tidak bisa diterapkan maka seorang pemimpin bisa menerapkan metode kepemimpinan yang lain. Karakter kepemimpinan yang diperlukan oleh pemimpin ideal yaitu hati yang melayani apa keinginan dari yang dipimpinnya.
Ada 3 hal penting dalam kepemimpinan yang perlu diterapkan pada pemimpin ideal zaman sekarang yaitu :
1.      Kepemimpinan yang efektif dimulai dengan visi yang jelas. Visi ini merupakan sebuah daya atau kekuatan untuk melakukan perubahan, yang mendorong terjadinya proses ledakan kreatifitas yang dahsyat melalui integrasi maupun sinergi berbagai keahlian dari orang – orang yang ada dalam organisasi tersebut.
2.      Seorang pemimpin yang efektif adalah seorang yang responsive. Artinya dia selalu tanggap terhadap setiap persoalan, kebutuhan, harapan, dan impian dari mereka yang dipimpin. Selain itu selalu aktif dan proaktif dalam mencari solusi dari setiap permasalahan ataupun tantangan yang dihadapi.
3.      Seorang pemimpin yang efektif adalah seorang pelatih atau pendamping bagi orang – orang yang dipimpinnya (performance coach). Artinya dia memiliki kemempuan untuk menginspirasi, mendorong dan memampukan anak buahnya dalam menyusun perencanaan (termasuk rencana kegiatan, target atau sasaran, rencana kebutuhan sumber daya, dsb), melakukan kegiatan sehari – hari seperti monitoring dan pengendalian, serta mengevaluasi kinerja dari anak buahnya.

B.     Sosok Pemimpin Ideal  Zaman Sekarang

Pemimpin adalah sosok yang sangat berpengaruh terhadap suatu organisasi yang diikutinya. Pemimpin dipilih atas kesepakatan bersama suatu foum sehingga dalam menentukan seseorang untuk menjadi pemimpin diperlukan pertimbangan atas kelayakan sebagai pemimpin. Pemimpin mempunyai tugas mulia yang berat dan menuntut  tanggung jawab yang besar.
Di zaman sekarang sangat sulit menemukan pemimpin yang benar benar bisa memimpin yang benar. Pemimpin yang berkharisma adalah sosok pemimpin yang dibutuhkan karena, dengan pembawaan yang kharismatik, semua orang yang dipimpinnya akan percaya dan mengikutinya kea rah yang lebih baik. Selain itu hal yang paling pokok adalah memilih pemimpin yang berakhlak. Suatu organisasi yang mempunyai sistem kepemimpinan yang sangat baik akan tetapi pemimpinnya berakhlak buruk maka organisasi tersebut akan buruk juga. Begitupun sebaliknya sehingga sebaik apapun sistem yang digunakan dalam suatu organisasi harus dengan pemimpin yang baik dan ideal pula.
Suatu hal terpenting dalam menjadi seorang pemimpin adalah adil dan bijaksana dalam hal apapun. Pemimpin tidak boleh membeda-bedakan seseorang  dan memihak kepada orang lain.
Adapun sosok pemimpin yang ideal antara lain:
1.      Pemimpin yang jujur (siddiq)
Pemimpin yang jujur akan mempengaruhi kemajuan suatu organisasi. Jika pemimpin tidak jujur maka orang yang dipimpin tentu tidak akan jujur dan pada akhirnya organisasi tersebut akan hancur karena organisasi yang didasarkan pada kebohongan tidak akan pernah berhasil
2.      Pemimpin yang amanah
Maksud dari amanah adalah sosok yang mampu bertanggung jawab dan dipercayai untuk memimpin suatu organisasi. Suatu organisasi membutuhkan pemimpin yang mempunyai komitmen dan loyalitas yang tinggi kepada organisasi karena pemimpin akan ada pada saat apapun untuk memberikan kepemimpinannya.
3.      Pemimpin yang Fathonah,
Pemimpin yang cerdas dan pandai sangat diperlukan pada zaman sekarang karena dengan pemimpin yang pandai setidaknya dapat membawa organisasi menuju kebaikan dengan ide-ide kreatif yang diberikannya. Diharapkan dengan pemimpin yang pandai dapat membaca suatu kesempatan dan peluang demi kemajuan organisasinya.
Pada intinya criteria sosok pemimpin ideal zaman sekarang adalah sosok pemimpin yang berakhlak baik. Pemimpin juga harus mempunyai daya juang yang besar dalam memperjuangkan hak hak orang yang dipimpinya dan menepati semua janji janjinya.

DAFTAR RUJUKAN

Wikipedia,2011. Kepemimpinan. www.wikipedia.org diakses pada tanggal 24 Maret 2012 pukul 14.00
Anonim.2011.Merumuskan sosok pemimpin mahasiswa. http://colorfulners.blogspot.com/2012/02/merumuskan-sosok-pemimpin-mahasiswa.html#.T3AEgWFmIl8 diakses pada tanggal 24 Maret 2012 pukul 14.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar